KERJASAMA PNJ DENGAN PT. HOLCIM Tbk.

 
D3 Teknik Mesin Konsentrasi Rekayasa Industri Semen
 
Mempermudah lulusan perguruan tinggi memperoleh lapangan pekerjaan, dan dalam rangka CSR (coorporate social responsibility), maka dibuatlah Program DIII Teknik Mesin Konsentrasi Rekayasa Industri Semen, demikian yang menjadi latar belakang berdirinya pendidikan vokasi yang merupakan kerjasama antara PNJ dengan PT. Holcim Tbk. Dari awal berdirinya pada tahun 2006, sampai sekarang program pendidikan ini sudah memiliki sembilan angkatan. Kontrak kerjasama antara PNJ dengan PT. Holcim Tbk. dilakukan setiap lima tahun sekali, untuk kontrak yang terakhir dilakukan pada bulan September 2013 dan diperpanjang hingga tahun ajaran 2017/2018.
Adalah EVE (Enterprise Vocasional Education), nama dari program pendidikan yang merupakan kerjasama antara PNJ dengan PT. Holcim Tbk. Untuk program sekarang dinamakan EVE – 9, yang sudah memiliki sembilan angkatan. Mahasiswa EVE – 9 berkuliah di dua tempat, di kampus PNJ dan di Pabrik PT. Holcim Tbk. Narogong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.  Kuliah di kampus di PNJ, diberlakukan apa yang disebut campus week  untuk setiap angkatan. Campus week artinya kuliah padat yang diberikan hanya satu minggu, terdapat empat mata kuliah yang diberikan, terdiri dari: agama, Pancasila, instrumen elektrik, dan PLC (Program Logic Control). Sedangkan kuliah di Narogong pengajarnya adalah dosen dari Jurusan Tenik Mesin, Teknik Elektro, dan Teknik Sipil.
Jumlah mahasiswa persatu angkatan (satu kelas), mulai EVE – 8 adalah 24 orang, sebelumnya16 orang. Seleksi dilakukan full oleh program EVE, dimulai dari sosialisasi kesekolah-sekolah di Bogor, pemberitahuan pendaftaran sampai merekrut mahasiswa. Seleksi dilakukan bertahap, sebelum menjadi Mahasiswa EVE – 9, jumlah peminat sampai diatas 1000 orang, dari seleksi administrasi persyaratan ditetapkan  300 orang, kemudian mereka sampai pada test tertulis, pada tahap test tertulis lolos 60 orang, terakhir mereka mengikuti wawancara dan akhirnya diterima 24 mahasiswa.
Kurikulum mulai tahun ajaran 2013/2014 sudah menggunakan kurikulum PNJ sebelumnya dari EVE PT. Holcim Tbk. Tidak ada ikatan bagi lulusannya untuk bekerja di PT. Holcim Tbk., mereka boleh memilih bekerja di tempat lain, meskipun kenyataanya dari setiap angkatan memilih kerja di PT. Holcim Tbk. dan diterima. (rita)

Share :


File Nama File Format Type
a5.jpg image/jpeg