KERJASAMA PNJ DENGAN AeU

Pendidikan Gelar Ganda, Program BSIT. Asia e University (AeU)
 
Asia e University, adalah sebuah universitas yang didirikan oleh Asia Cooperation Dialogue (ACD). Pendirian universitas ini merupakan inisiatif dari Malaysia, sebagai penggerak utama untuk e-pendidikan, dengan dukungan 31 negara anggota ACD dan dikonfirmasi pada tahun 2005 di Islamabad dan pertemuan Menteri negara ACD di Doha tahun 2006. Asia e University berdomisili di Kuala Lumpur.
Seiring kebutuhan Industri terhadap tenaga Information, Communication Technology (ICT) baik di dalam negeri maupun luar negeri yang terus meningkat setiap tahunnya, menyebabkan kebutuhan akan tenaga IT di luar negeri, untuk tahun 2015, diperkirakan mencapai 3,3 juta orang. Sedangkan untuk Tenaga IT domestik, berdasarkan proyeksi pertumbuhan industri pada tahun 2010, dengan target produksi 8.195.33 US $, dan asumsi produktifitas 25.000 perorang, maka dibutuhkan tenaga kerja sekitar 327.813 orang.
Mengingat besarnya minat masyarakat kuliah di Politeknik Negeri Jakarta (PNJ),  untuk itu PNJ membuka program innovative dan high valuable  yang dinamakan  Program Internasional 3 plus 1 (3+1) Internasional bekerjasama dengan Asia e University Malaysia, yang merupakan twinning program yang memungkinkan Lulusannya mendapat dua gelar sekaligus yaitu gelar Diploma (DIII atau DIV) dari Politeknik Negeri Jakarta dan Bachelor of ICT (Bsc) dari Asia e University.
Perlu diketahui bahwa awal kerjasama Politeknik Negeri Jakarta dengan Asia e University,  dilakukan tanggal 15 Juli 2009, yaitu dengan dilakukannya penandatanganan MoU diantara keduanya. Kerjasama dilandasi oleh peggunaan kurikulum bersama dan penerimaan lulusan Politeknik Negeri Jakarta di Asia e University Malaysia. Sedangkan tujuan kerjasama adalah: menghasilkan SDM yang unggul di bidang Teknologi Informasi & Komunikasi (ICT) berskala Internasional; dan, menghasilkan karya cipta inovatif yang unggul dibidang Teknologi Informasi & Komunikasi (ICT) yang bermanfaat bagi masyarakat, bangsa dan negara.
Program kerjasama Politeknik Negeri Jakarta dengan Asia e University Malaysia, membuka Program Studi DIV IT - BICT (Information System); DIV Teknik Multimedia & Jaringan - BICT (Multimedia Computing); DIII Teknik Komputer & Jaringan–BICT (Enterprise Networking).
Metode pembelajaran dilakukan baik praktek maupun teori. Teori diberikan oleh para dosen Politeknik Negeri Jakarta yang terdiri dari Dosen tetap, praktisi dari industri IT serta dosen tamu dari Asia e University. Setelah Program Diploma III berakhir 3 tahun dan mendapatkan gelar Ahli Madya (AMd),  perkuliahan selanjutnya dilaksanakan di kampus Asia e University Malaysia untuk mendapatkan BICT (Bachelor of ICT). Kegiatan praktek pada Program Internasional ini dilaksanakan di dalam maupun di luar kampus Politeknik Negeri Jakarta (PNJ). Di dalam kampus PNJ, mahasiswa akan diberikan berbagai kegiatan laboratorium, sedangkan di luar kampus akan dilaksanakan kegiatan Praktek Kerja Lapangan di perusahaan/Industri IT. Untuk Program Bachelor praktek industry (industrial training) dilakukan di berbagai perusahaan/ industry ICT di Malaysia yang berskala menengah keatas (multinasional) yang berkualitas seperti Novel, MDEC.
Program Kerjasama dengan AeU Malaysia telah meluluskan BICT angkatan 1 pada tahun 2013, saat ini sedang berjalan angkatan dua dan tiga untuk  3+1 Joint Degree Model, dan  Angkatan IV untuk 4+0 Join Degree Model.

Share :


File Nama File Format Type